https://www.downtownvancouver.net/slot4d/

https://www.koredubai.org/

https://www.watchgmctv.com/

Penjelasan Pendidikan Untuk Orang Dewasa (Andragogi), Karakteristik, Serta Jenis-Jenis nya
Kategori
Uncategorized

Penjelasan Pendidikan Untuk Orang Dewasa (Andragogi), Karakteristik, Serta Jenis-Jenis nya

Sudah Dewasa Masih Bisa Belajar? Emang Bisa Ya? Yuk kita cari tahu apa itu Pendidikan untuk Orang Dewasa!

Pendidikan Untuk Orang Dewasa
Pentingnya Penddidikan Untuk Orang Dewasa

Kita semua pasti sudah tahu pepatah satu ini: “Belajar di masa kecil itu seperti mengukir di batu. Belajar di masa dewasa seperti mengukir di air.” Dari peribahasa ini dapat disimpulkan bahwa pelajaran yang diajarkan sejak usia dini hingga dewasa terpatri dalam benak mereka. Lalu bagaimana dengan orang dewasa lain yang tidak dapat belajar dengan baik sebagai anak-anak karena, misalnya, mereka tinggal di daerah terpencil? Mari kita simak artikel tentang Pendidikan Untuk Orang Dewasa

Berikut cara belajar untuk orang dewasa:

Pendidikan orang dewasa, juga dikenal sebagai andragogi, adalah proses pelibatan warga belajar, dalam struktur pengalaman belajar. Pendidikan orang dewasa/andragogi sendiri sudah ada sejak tahun 1920-an, dan sifat pendidikan orang dewasa adalah subjektif dan unik.

Lahirnya Andragogi bermula dari pemikiran bahwa orang dewasa memiliki sifat belajar yang berbeda dengan anak-anak. Oleh karena itu, teori belajar yang diterapkan pada anak tidak tepat atau sesuai karena karakteristik atau metode belajar orang dewasa yang spesifik.

Andragogi pertama kali diperkenalkan oleh pendidik Jerman Alexander Kapp dan dipopulerkan oleh Malcolm Knowles. Menurut buku Malcolm Knowles “the modern practice of Adult Education” ia mendefinisikan Andragogi sebagai sains dan seni yang mendukung pembelajaran orang dewasa.

Orang dewasa memiliki karakteristiknya sendiri dan gaya belajar yang diberikan harus berbeda dengan anak-anak. Kita perlu mempelajari sifat-sifat dan bagaimana sifat-sifat itu mempengaruhi pembelajaran orang dewasa.

Berikut adalah karakteristik:

1. Dapatkan lebih banyak pengalaman hidup
2. Memiliki motivasi yang kuat untuk belajar
3. Ada banyak peran dan tanggung jawab
4. Punya sedikit waktu untuk belajar
5. Kurangnya rasa percaya diri terhadap kemampuan untuk belajar lagi.
6. Pengalaman dan aspirasi orang dewasa lebih beragam daripada remaja

 

Pendidikan Untuk Orang Dewasa
Suasana Pembelajaran Orang Dewasa Di Kelas

Setelah mengetahui apa itu andragogi atau pendidikan orang dewasa, mari kita bahas jenis-jenis pendidikan orang dewasa yang kita rangkum sebagai berikut:

  • Pendidikan massal (massa education)

Proses pembelajaran bagi orang dewasa dalam masyarakat yang terlantar atau tidak mampu menerima pendidikan. Contoh: untuk orang dewasa yang masih buta huruf dan yang tinggal di daerah terpencil.

  • Pendidikan masyarakat (community education)

adalah yang tujuannya untuk menjamin agar mereka mempunyai pandangan, sikap, kebiasaan, dan keterampilan tertentu dengan mengadakan penyuluhan dan pembenahan lembaga yang prosesnya melalui pembelajaran, misalnya: gerakan koperasi.

  • Pendidikan dasar (fundamental education)

Sistem pendidikan ini berupaya memaksimalkan nilai kehidupan manusia dalam bidang sosial dan ekonomi melalui pendidikan minimal. Tetapi juga berusaha untuk memungkinkan masyarakat maju untuk beradaptasi dan mengembangkan dan melindungi lingkungan.

  • Penyuluhan

Proses bimbingan pendidikan dan penyuluhan masyarakat yang dilakukan oleh lembaga pendidikan tinggi dan instansi pemerintah sudah sesuai atau relevan, dan cara pelaksanaannya melalui penyuluhan dan bimbingan yang dilakukan baik secara individu maupun kelompok

  • Masyarakat belajar (learning society)

Pendidikan ini bertujuan agar masyarakat dewasa dapat secara aktif menggali pengalaman belajar dari segala aspek kehidupan. Dan bisa melakukan kegiatan mencari ilmu dari sumber manapun.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.