X

Daftar Makanan Khas Belanda Yang Cocok Dilidah Indonesia

GBNSCHOOL – Belanda mungkin lebih terkenal dengan kejunya daripada makanannya. Tapi ada banyak hidangan Belanda lezat yang bisa kamu cicipi. Mengkombinasikan makanan pokok Eropa Utara dengan cita rasa dari bekas jajahan Belanda, masakan unik ini terkenal dengan kelezatannya. Meskipun terdapat beberapa perbedaan regional dalam makanan, sebagian besar masakan Belanda terdiri dari daging, sayuran, keju dan roti. Ada juga banyak kue dan makanan penutup yang bisa kamu coba.

Daftar Makanan Khas Belanda Yang Cocok Dilidah Indonesia :

Stroopwafel

Stroopwafel

Makanan pertama yang khas dan akan sering kamu temukan dengan mudah di Belanda adalah Stroopwafel. Ini adalah sebuah kue kering, atau wafel tipis yang secara umum seringkali dinikmati dengan perpaduan karamel manis. Ada banyak toko atau kios di pasar yang menjual Stroopwafel. Kue khas Belanda ini memiliki tekstur renyah di bagian luarnya serta manis dan sedikit lengket pada bagian dalamnya. Orang Belanda sangat menyukai makanan mereka yang satu ini.

Ada cara unik yang biasa dilakukan untuk menikmati Stroopwafel. Beberapa orang memiliki selera menikmatinya dengan cara meletakkan Stroopwafel di atas secangkir teh atau kopi dan menunggunya beberapa detik. Setelah Stroopwafel dirasa cukup memiliki tekstur lembut karena teh atau kopi sebelumnya, barulah mereka menikmatinya. Setelah dicelupkan ke dalam teh atau kopi tersebut, Stroopwafel akan memiliki tekstur lembek dan sedikit lengket.

Bitterballen

Bitterballen

Makanan Khas Belanda selanjutnya ini merupakan salah satu kuliner yang popular dari Amsterdam. Bitterbalen adalah sebuah camilan yang mirip dengan kroket, hanya saja bentuk dan ukuran dari kedua makanan tersebut berbeda. Bitterbalen memiliki bentuk bulat seperti bola-bola. Bahan utamanya yang digunakan untuk membuat Bitterballen adalah tepung, dan daging sebagai isi di dalamnya. Daging yang biasa digunakan sebagai bahan untuk membuat makanan ini adalah, ayam, sapi, atau jamur. Makanan ringan ini menjadi salah satu camilan yang bisa dapat dengan mudah kamu temukan di beberapa restoran atau kafe. Hidangan yang telah ada sejak abad ke 17 ini menjadi salah satu makanan yang popular hingga saat ini, dan biasa dinikmati saat musim panas.

Tijgerbrood

Tijgerbrood

Makanan yang satu ini diberikan nama Tijgerbrood karena menurut orang Belanda, bagian luar roti memiliki pola loreng yang menyerupai harimau loh. Kalau menurut sobat GoTravelly, apakah Tijgerbrood ini memiliki tampilan yang mirip dengan harimau?

Tijgerbrood merupakan roti khas Belanda yang memiliki rasa manis, dengan tekstur renyah. Roti ini sangat cocok dijadikan sebagai sandwich atau roti lapis. Namun, ada juga yang lebih cocok menikmatinya dengan selai atau mentega saja. Pola loreng yang menyerupai harimau tersebut, dibuat dengan cara mengoleskan adonan roti dengan kombinasi minyak wijen, tepung beras, gula pasir, dan ragi.

Erwtensoep

Erwtensoep

Sup berwarna hijau dan sedikit kekuningan ini adalah salah satu makanan tradisional khas Belanda. Berbeda dengan sup seperti di negara kita yang memiliki tekstur berair, Erwtensoep cenderung lebih kental.

Nama lain dari Erwtensoep adalah Snert. Sup ini menjadi salah satu hidangan pokok saat Belanda sedang musim dingin. Erwtensoep juga menjadi salah satu menu spesial yang disajikan saat tahun baru.

Biasanya sup ini akan dihidangkan degnan sosi, dan roti gandum sebagai pelengkapnya. Jika kamu datang ke Belanda dan tertarik untuk mencoba makanan yang satu ini, jangan kaget jika setiap tempat yang kamu temui akan menyajikan rasa berbeda. Hal tersebut terjadi karena setiap rumah memiliki resep andalan mereka masing-masing.

Oliebollen

Oliebollen

Selanjutnya ada camilan tradisional bernama Oliebollen.  Makanan khas Belanda ini adalah sebuah adonan roti berbentuk bulat sedikit tak beraturan. Roti ini dimasak dengan cara digoreng, mirip dengan donat ya?

Bahan yang digunakan untuk membuat Oliebollen adalah adonan tepung terigu, telor, susu, ragi, dan baking powder. Perpaduan dari segala bahan tersebut mampu menciptakan tekstur Oliebollen yang renyah di bagian luarnya, dan kenyal di bagian dalamnya. Cara menyajikan Oliebollen yang paling tradisional adalah dengan menaburkan gula halus di bagian atas kue tersebut. Selain itu, ada juga varian Oliebollen yang di dalamnya diisi dengan kismis.

Kue imut tersebut, menjadi salah satu hidangan yang cukup popular saat perayaan hari Natal dan Tahun Baru. Jika kamu datang saat musim dingin, kamu dapat dengan mudah menemukan kios atau pedagang di pinggir jalan yang menjual roti goreng ini.

Itulah beberapa varian makanan khas dari Belanda yang sebagian di antaranya bisa menjadi referensi oleh-oleh untuk kamu bawa pulang.

gbnsch777: