https://www.downtownvancouver.net/slot4d/

https://www.koredubai.org/

https://www.watchgmctv.com/

15 Pantun Pendidikan | Pengertian dan Contoh Pantun Pendidikan!
Kategori
Uncategorized

15 Pantun Pendidikan | Pengertian dan Contoh Pantun Pendidikan!

15 Pantun Pendidikan

10 Pantun Pendidikan | Pengertian Serta Contoh Pantun Pendidikan!

Pengertian:

Pantun merupakan salah satu jenis karya sastra yang di kenal populer dan di gunakan bahkan dari zaman dahulu hingga sekarang ada pula pantun pendidikan.

Tak heran jika karya sastra ini menjadi salah satu karya sastra populer yang umumnya di gunakan dalam berbagai situasi selain menyapa atau bercanda. Ada jenis puisi lainnya.

Baca Juga: Cendekiawan islam dibidang ilmu

Sajak pendidikan juga populer. Pantun pendidikan adalah jenis pantun yang sering di gunakan untuk media pelajaran atau bahkan hanya untuk menyampaikan pesan kepada murid atau siswa.

Pantun pendidikan dapat di artikan sebagai jenis pantun yang membawa pesan moral atau motivasi belajar dalam bentuk pendidikan. Berikut adalah contoh pantun pendidikan:

Pendidikan 1

Tak ada uang di tangan

Karena kaya tak selalu harta

Hidup matimu takdir Tuhan

Harus belajar sampai tua

Makna pantun:

Hidup atau mati semua orang adalah takdir atau kehendak Tuhan Yang Maha Esa, sekuat apapun kita melawan, jika Tuhan memang berkehendak lain tentu berbeda, kalaupun tidak di coba, jika Tuhan berkehendak sebaliknya, maka Anda beruntung karena itu belajar adalah kunci yang harus di lakukan sampai usia tua dan Anda tidak dapat berhenti belajar setiap saat karena dapat menjadi bekal untuk masa depan.

Pendidikan 2

Ucapan manis hanya di bibir

Tapi selalu jaga amanah

Semoga pandemi segera berakhir

Kami rindu ke sekolah

Makna pantun:

Selama masa pandemi Covid-19 ini, semua kegiatan di batasi, termasuk kegiatan belajar mengajar di sekolah. Oleh karena itu pantun ini di buat dengan harapan agar pandemi Covid-19 segera berakhir dan siswa dapat kembali bersekolah. dalam kondisi sehat.

Baca Juga: Terbentuknya Sejarah Pendidikan di Indonesia

Pendidikan 3

Nyalakan motor yang bergetar

Kaki terkena luka yang perih

Jika kamu rajin belajar

Sukses masa depan akan di raih

Makna pantun:

Kesuksesan masa depan memiliki banyak aspek yang harus di penuhi, namun satu hal yang penting dan terpenting adalah belajar dengan giat.

Pendidikan 4

Muncul senja di langit merah

Terlihat gelap di sisi utara

Rajin kerjakan tugas sekolah

Semangat pasti akan membara

Makna pantun:

Tugas utama siswa adalah belajar dan memperoleh pengetahuan. Satu hal yang harus di lakukan dan tidak ketinggalan adalah mengerjakan pekerjaan rumah. Tentunya dengan rajin menyelesaikan tugas sekolah, setiap orang akan mendapatkan semangat belajar yang besar.

Baca Juga:  Pendidikan Orang Dewasa

Pendidikan 5

Kami pulang ke desaku

Desaku sangat ramah dan mulia

Jangan bosan baca buku

Buku adalah jendela dunia

Makna pantun:

Sangat penting bagi setiap manusia untuk membaca buku, tidak hanya untuk belajar, tetapi karena buku memiliki lebih banyak manfaat, karena buku mengandung banyak informasi berguna yang sangat luas, itulah sebabnya mereka di sebut jendela dunia daripada membaca. dari buku orang akan bisa mengenal dunia dan segala isinya.

Pendidikan 6

Perut sakit minum jamu

Sampai beli jenis dua

Haruslah terus menuntut ilmu

Sebagai bekal di masa tua

Makna pantun:

Ada beberapa hal yang masuk akal untuk masa pensiun, salah satunya adalah belajar. Kita tentu mendapatkan banyak pengalaman melalui belajar, sehingga kita harus terus belajar sepanjang hayat agar kita dapat memiliki bekal yang utuh dan bermanfaat di hari tua.

Pendidikan 7

Percuma punya banyak emas

Kalau emasnya ternyata palsu

Percuma kamu punya otak cerdas

Kalau akhlakmu buruk selalu

Makna pantun:

Dalam hidup kita memang harus menjadi orang yang selalu pandai dalam segala hal. Jadi jika kita hanya memiliki hal-hal baik tetapi buruk yang ternyata merugikan kita dan orang lain, tentu akan sia-sia, jadi hidup tidak hanya perlu otak yang cerdas.

Setiap orang harus memiliki akhlak yang baik dan luhur serta menghindari akhlak yang buruk karena merugikan diri nya sendiri dan orang lain.

Baca Juga: 5 Bahasa Aneh di Dunia

Pendidikan 8

Ada kucing mengejar tikus

Tikus lari terbirit-birit

Jika belajarmu tidak serius

Maka kamu akan hidup sulit

Makna pantun:

Kesuksesan dalam hidup tentunya tidak hanya di raih melalui rajin belajar sejak dini, namun masih banyak hal yang ikut berperan. Namun, jika Anda belajar keras sejak usia dini. Anda memiliki peluang lebih baik untuk sukses atau sukses. orang, sehingga Anda tidak menghadapi kesulitan di masa depan.

Pendidikan 9

Nenek berdandan pakai pupur

Berkata akan kondangan luas

Cintailah ilmu sepanjang umur

Agar sukses sepanjang masa

Makna pantun:

Menuntut ilmu tidak hanya di tingkat sekolah, ketika kita menyelesaikan sekolah dan universitas dan sudah bekerja, kita harus terus mencintai dan mencari ilmu sebanyak mungkin, ini akan membantu kita untuk tetap sukses sepanjang waktu.

Pendidikan 10

Belanja di pasar harus hemat

Beli barang yang bermanfaat

Dengan orang tua harus hormat

Agar hidup selalu penuh berkat

Makna pantun:

Setiap anak harus menghormati semua orang, terutama orang tua. Menghormati orang tua bukan hanya kewajiban anak, tetapi juga bekal untuk masa depan. Jika seorang anak menghormati orang tuanya, hidupnya akan selalu di berkahi dengan makanan dan berbagai kebaikan lainnya.

Baca Juga: Sejarah Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS)

Pendidikan 11

Pergi liburan dengan bahagia

Mampir beli oleh-oleh keluarga

Jangan tergoda harta dunia

Carilah ilmu sebagai bekal ke surga

Makna pantun:

Di dunia ini akan banyak godaan bagi orang-orang yang menuntun seseorang untuk terjerumus ke dalam jalan bahaya, sehingga selama kita hidup di dunia ini kita tidak perlu tergiur dengan berbagai harta duniawi yang belum tentu berkah dan manfaat.

Untuk rezeki kita di akhirat. Orang-orang mencari perbekalan untuk surga. Salah satu cara mencari rezeki surga adalah dengan mencari ilmu dunia serta ilmu agama yang bermanfaat bagi kehidupan manusia di akhirat dan surga akhirat.

Pendidikan 12

Pergi ke luar bawa kitab

Ternyata cuma berbohong

Jangan malu belajar kitab

Meski gigi sudah ompong

Makna pantun:

Studi buku bagi para pemeluk agama harus di lakukan sebagai ibadah. Namun, jika anda sudah tua dan tidak bisa memahami buku, jangan malu untuk belajar buku ketika Anda sudah tua.

Karena berapapun usianya, mempelajari buku akan tetap penting dan bermanfaat selamanya.

Baca Juga: 10 Puisi Pendidikan Singkat

Pendidikan 13

Bermain-main di dunia maya

Tidak lupa hari yang lusa

Siapa ingin ke surga-Nya

Tuntut ilmu sepanjang masa

Makna pantun:

Tidak hanya ilmu agama, menuntut ilmu dan pemahaman juga ternyata menjadi bekal di akhirat dan masuk surga, karena salah satu amalan terpenting di dunia selain ibadah adalah menuntut ilmu yang baik dan tinggi agar bermanfaat.

Pendidikan 14

Ibu beli sepeda baru

Agar rajin ke pasar utama

Dengarlah nasihat dari bu guru

Pendidikan adalah hal yang utama

Makna pantun:

Bagi siswa, pendidikan adalah prioritas, maka ketika pendidikan menjadi prioritas, masa depan akan cerah, dan salah satu cara untuk meraih masa depan yang cerah melalui pendidikan adalah dengan mendengarkan nasehat para guru yang menjadi panutan kita.

Pendidikan 15

Aku di suruh buat pantun

Katanya agar tidak panik

Belajarlah dengan tekun

Agar naik kelas dengan nilai baik

Makna pantun:

Siswa yang ingin naik kelas dengan nilai bagus tentunya harus memenuhi syarat kenaikan kelas, yang meliputi ketekunan dan ketekunan dalam belajar.

Berikut beberapa contoh pantun pendidikan dan makna pantun secara umum. bisakah kamu melakukannya juga?

Itu lah sederet pantun pendidikan Oh ya guys aku mau kasih tahu juga nih kalau mendengarkan musik sambil belajar dapat meningkatkan mood dan di kaitkan dengan peningkatan kemampuan fungsi kognitif otak juga guys, terutama memori loh berikut lirik lagu joji “Glimpse Of Us” yang sedang viral 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.