Kategori
Uncategorized

17 negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia

17 negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia

Hai semua!!!, Kali ini aku akan memberi tahu kalian bahwa bagaimana sih pandangan dunia tentang pendidikan di negara kita? Kalian pasti kepo kan apa sih yang dunia kata kan tentang pendidikan di indonesia?. Mari kita lihat penjelasan negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia.

Pendidikan adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia dan bahkan dalam kehidupan bernegara. Biasanya, negara-negara maju dan makmur juga memiliki sistem pendidikan yang baik dan profesional. Pendidikan dan ilmu pengetahuan juga merupakan suatu hal yang dikejar oleh banyak orang.

Menurut data yang di publikasikan oleh World Population Review, pada tahun 2021 Indonesia masih menduduki peringkat ke-54 dari 78 negara yang masuk dalam pemeringkatan tingkat pendidikan dunia.

Sedangkan menurut laporan HDI UNDP 2015 lalu, Indonesia menduduki peringkat ke-110 dari 188 negara. Dalam posisi ini, kualitas pendidikan Indonesia masih rendah. Skor Keterampilan untuk Anak Usia 15 Tahun. Dalam Membaca, Matematika dan Sains, semuanya di bawah 400 (tingkat menengah). Pada periode 2005-2014, Indonesia hanya menggunakan 3,6% dari produk domestik bruto (PDB) untuk pendidikan.

Baca juga: Sejarah pendidikan di indonesia

Daftar nama-nama negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia yang di lansir dari berbagai sumber:

  • Finlandia

Sistem Pendidikan Terbaik

Finlandia adalah negara dengan kinerja terbaik dan sistem pendidikan terbaik di dunia. Dari beberapa universitas Finlandia kurang terkenal di bandingkan universitas Inggris dan Amerika, tapi sistem pendidikan negara secara keseluruhan yang berpenduduk 6 juta masih di anggap yang terbaik.

Fakta Unik:

oh ya guys, waktu atau jam sekolah di Finlandia juga tidak banyak loh, proses belajar mengajarnya juga relatif santai dan bebas tekanan. Siswa sekolah Finlandia merasa nyaman dan betah dengan sistem pendidikan yang ada. Tak hanya itu, para profesor juga sangat fokus dan fasih di bidangnya masing-masing.

Menurut laman sains majalah Smithsonian, Finlandia telah menjadi negara dengan tingkat literasi, pemahaman, dan kelulusan yang tinggi, terutama di bidang sains dan matematika. Negara kecil ini juga menjadi salah satu negara Eropa yang telah melahirkan banyak ahli dan orang-orang terpelajar untuk berbagi ilmu dan pengalaman di banyak negara.

  • Inggris

Sistem Pendidikan Terbaik

Nama-nama lembaga pendidikan kelas dunia seperti Oxford, Cambridge, College London dan masih banyak lagi tampak nya telah menjadi bukti nyata bahwa Inggris di kenal sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik sejak Abad Pertengahan. Dari kedokteran, sains, astronomi, sejarah, olahraga hingga seni, semuanya ada dan bisa di pelajari secara detail.

Fakta Unik:

The International Student Page mencatat bahwa universitas-universitas di Inggris menjadi target utama banyak mahasiswa dari seluruh dunia. Oleh karena itu pendaftaran harus di lakukan terlebih dahulu untuk melanjutkan studi di sana banyak dosen, praktisi, ahli seni, astronom, aeronautika, dan matematikawan profesional yang sangat ahli di bidang nya. Bagaimana? tertarik untuk kuliah di negara Ratu Elizabeth?

  • Amerika Serikat

Sistem Pendidikan Terbaik

Nama-nama universitas kelas dunia seperti Harvard, Stanford, Johns Hopkins dan masih banyak lagi menjadi bukti bahwa negeri Paman Sam ini memiliki sistem pendidikan yang di akui sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Hampir semua ilmu terapan dan eksakta dapat di pelajari secara mendetail di sekolah menengah di Amerika Serikat (AS).

Fakta Unik:

Namun, biaya untuk mengenyam pendidikan di negara berpenduduk 330 juta jiwa ini juga cukup tinggi. Oleh karena itu, banyak mahasiswa yang menggunakan fasilitas beasiswa ketika melanjutkan studi di Amerika Serikat.

Baca Juga: Pendidikan Untuk Orang Dewasa 

  • Kanada 

Sistem Pendidikan Terbaik

Negara berpenduduk 40 juta jiwa ini juga merupakan salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Padahal, menurut laporan yang di muat di laman Daily Hive Vancouver, Kanada merupakan negara terbaik ke-3 di dunia khusus untuk pendidikan dan pendidikan tinggi.

Fakta Unik:

Sistem pendidikan di Kanada juga sangat terspesialisasi, tetapi tidak terlalu membebani siswa. Guru dan staf pengajar harus memperhatikan departemennya masing-masing. Apakah Anda tertarik untuk melanjutkan studi Anda di Kanada?

  • Australia

Sistem Pendidikan Terbaik

Australia merupakan salah satu negara makmur dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Bahkan, banyak orang dari berbagai negara yang melanjutkan studi formalnya di negara berpenduduk 26 juta jiwa ini. Laman Study in Australia mencatat bahwa sistem pendidikan di Negeri Kanguru di standarisasi untuk menjaga kualitas.

Fakta Unik:

anak usia 6 tahun wajib mengikuti jenjang pendidikan di sekolah dasar. Pendidikan menengah juga wajib bagi semua warga negara yang telah menyelesaikan pendidikan dasar. Biasanya anak-anak antara usia 6 dan 16 akan pergi ke sekolah dari tahun 1 sampai tahun 9 atau 10.

  • Belanda 

Belanda pun tak mau ketinggalan untuk menciptakan sistem pendidikan yang menjadi salah satu yang terbaik di Eropa bahkan dunia. Menurut Organisasi Pendidikan Belanda (Nuffic), terdapat lebih dari 50 persen sekolah di Belanda yang menggunakan sistem komunikasi bilingual atau dwibahasa, yaitu bahasa Inggris dan tentu saja bahasa Belanda juga.

Fakta Unik:

Komunikasi ini bertujuan untuk mempersiapkan generasi muda Belanda menghadapi persaingan global dengan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Oleh karena itu tidak heran jika anak-anak di Belanda sudah tahu bagaimana menguasai bahasa asing seperti bahasa Inggris, Perancis bahkan Jerman.

  • Jerman

Sistem Pendidikan Terbaik

Ada banyak pelajar atau mahasiswa dari seluruh dunia yang mendaftar untuk belajar di Jerman. Secara keseluruhan, studi lanjutan seperti kedokteran khusus, otomotif, teknik mesin, ilmu penerbangan, dan pembuatan kapal adalah pasar studi dan pendidikan terbesar di Jerman.

Fakta Unik:

Bahkan, menurut jurnal ilmiah yang di publikasikan di situs NCBI, sekolah kedokteran Jerman terus menjadi favorit banyak orang di seluruh dunia. Tak heran, Anda sering melihat dokter atau ahli medis kelas dunia yang pasti pernah mengenyam pendidikan di Jerman.

  • Jepang

Sistem Pendidikan Terbaik

Jepang adalah negara dengan sistem pendidikan terbaik di Asia dan setidaknya salah satu yang terbaik di dunia. Tidak seperti di Eropa atau Amerika, sistem pendidikan di Jepang melibatkan para profesional yang sangat berkualitas dan mereka akan menempatkan nilai dan standar terbaik untuk perkembangan negara mereka.

Fakta Unik:

Disiplin, etos kerja, kompetensi dan kecerdasan dalam mengembangkan teknologi adalah beberapa kunci yang menjadikan Jepang sebagai salah satu negara paling makmur di dunia. Khususnya di bidang teknologi, Jepang memiliki institusi pendidikan tinggi atau perguruan tinggi yang berfokus pada pengajaran dan penerapan teknologi canggih hingga ke detail terkecil.

  • Israel

Menurut CNBC, Israel adalah salah satu negara paling berpendidikan di dunia. Sekitar 49,90% orang Israel memiliki gelar pascasarjana atau pendidikan tinggi di bidang sains. Situasi ini lebih buruk daripada Amerika Serikat dan banyak negara Eropa.

Fakta Unik:

Data dari Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) juga meneliti kualitas sistem pendidikan universitas Israel. Ya, di Israel ada banyak universitas kelas dunia yang di pilih oleh para sarjana dari seluruh dunia.

  • Denmark

Menurut laman CEO World, Denmark merupakan salah satu negara Eropa dengan sistem pendidikan terlengkap. Ya, kota berpenduduk 6 juta jiwa ini menempati urutan ke-7 sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di Eropa dan dunia. Beberapa sekolah di Denmark bahkan memiliki kurikulum yang di akui sebagai kurikulum terbaik yang sudah mulai di terapkan oleh banyak negara di dunia.

Fakta Unik:

Secara umum sistem pendidikan di Denmark masih sama dengan sistem pendidikan di negara-negara Skandinavia lainnya. Dengan jam sekolah yang tidak terlalu panjang,jelas bahwa guru di Denmark dapat menerapkan pengetahuan mereka kepada banyak siswa mereka. Tentu saja, kesuksesan juga di raih berkat keterlibatan orang tua.

Baca Juga: Pengertian Pendidikan 

  • Swiss

Sistem Pendidikan Terbaik

Kota yang terkenal dengan produk jam tangannya juga merupakan kota dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Menurut Internationals, standar pendidikan di negara maju di Swiss tergolong tinggi, bahkan di negara tetangga.

Fakta Unik:

Uniknya, di antara sekolah umum memiliki karakteristik yang sama, sehingga lebih banyak warga Swiss yang mengenyam pendidikan di sekolah umum. Pendanaan negara yang penting memungkinkan pemerintah Swiss mengalokasikan dananya untuk pendidikan sebanyak mungkin.

  • Selandia Baru

Sistem Pendidikan Terbaik

Negara tetangga Australia ini juga memiliki profil tinggi dalam hal pendidikan. Secara keseluruhan, sistem pendidikan Selandia Baru memiliki standar yang tinggi dan sejalan dengan standar pendidikan Eropa. Pemimpin di bidang keuangan, teknologi, sains, sejarah, dan hukum adalah favorit banyak orang.

Fakta Unik:

Menurut laman education.govt.nz, sistem pendidikan Selandia Baru juga kritis. Ada banyak ras, agama, etnis dan budaya yang berbaur dengan baik di sekolah-sekolah Selandia Baru. Apakah kamu juga tertarik untuk melanjutkan studi di kota Kiwi?

  • Swedia

Sistem Pendidikan Terbaik

The Borgen Project dalam laman nya mencatat bahwa sistem pendidikan dasar di Swedia di bagi menjadi 4 tingkatan atau jenjang sekolah. Anak berusia 1-5 tahun dapat mengikuti program prasekolah atau forskola. Setelah itu, anak-anak dapat bersekolah di jenjang berikutnya yang bernama forskoleklass, yakni jenjang taman kanak-kanak dan sekolah dasar. Setelahnya, siswa siswi dapat menempuh sekolah menengah (mellanstadiet) dan juga sekolah menengah pertama atau hogstadiet.

Fakta Unik:

Faktanya, setelah sekolah wajib di kuasai, hampir semua warga Swedia akan melanjutkan studi sesuai dengan jurusan atau bidang profesionalisme masing-masing. Dengan acuan standar yang jelas dan baku, pemerintah Swedia dapat dengan ketat menjaga dan mengontrol kualitas pendidikan mereka di mata dunia.

  • Singapura

Sistem Pendidikan Terbaik

Asia Tenggara juga tidak mau kalah dalam bidang pendidikan. Buktinya, Singapura merupakan salah satu negara dengan sistem pendidikan paling di akui di dunia, kata Smile Tutor. Bagi pemerintah Singapura, pendidikan merupakan modal pertama bagi pertumbuhan ekonomi negara.

Fakta Unik:

Hal ini di buktikan dengan ambisi positif pemerintah Singapura, yang meski negara kecil, mampu bersaing di pentas global. Satu hal lagi, kurikulum Singapura juga berfokus pada pemecahan masalah dan keterampilan khusus yang tidak di ajarkan di universitas di negara lain.

  • Prancis

Seperti yang di sebutkan dalam World Education News and Reviews, Prancis adalah negara yang memprioritaskan pendidikan. Padahal, 21 persen dari total anggaran negara di gunakan untuk pendidikan. Negara yang berpenduduk 68 juta jiwa ini juga memiliki universitas yang di anggap sebagai salah satu universitas tertua di dunia, yaitu University of Paris.

Baca Juga: Mengenal Sejarah Pendidikan Di indonesia

Fakta Unik:

Kemajuan pendidikan di Perancis tidak terlepas dari pengaruh dan kekuasaan Gereja Katolik sejak awal Abad Pertengahan. Setelah Revolusi Perancis, sistem pendidikan terus berkembang karena memiliki standar yang ketat dan terfokus pada negara, di bawah kepemimpinan Departemen Pendidikan.

  • Korea Selatan

Menurut hasil survei saat ini, Korea Selatan menempati urutan No 1. Korea mengalahkan Jepang, yang meskipun berinvestasi pada pendidikan anak usia dini, masih mampu mengikuti sistem pendidikan Korea Selatan yang bahkan membutuhkan tujuh pekerjaan. tanggal lahir. .

Fakta Unik:

Selain itu, anggaran pendidikan nasional tahun 2014 di proyeksikan sebesar US$ 11 miliar atau sekitar Rp 150 triliun. Tingkat melek huruf adalah 97,9% menurut kelas, 99,2% laki-laki dan 96,6% perempuan.

  • Rusia

Sistem Pendidikan Di Rusia

Tingkat melek huruf 100%, serta profesional Rusia yang di kenal sebagai profesional dan penjaga integritas, menjadikan kota ini sebagai salah satu institusi pendidikan terbaik di dunia.

Fakta Unik:

Meskipun Indonesia mungkin bukan salah satu yang terbaik di dunia atau setidaknya di antara 100 besar dalam hal sistem pendidikan, hal ini tidak boleh membuat kehilangan minat di semua bagian negara untuk tetap layak.

Nah guys, artikel di atas termasuk nama-nama negara yang mempunyai sistem pendidikan terbaik di dunia. Kalian bisa bayangkan kan betapa maju negara nya?, indonesia juga bisa loh asalkan generasi penerus bangsa bisa lebih rajin dan disiplin dalam mempergunakan masa belajarnya agar bisa memperbaiki pendidikan di indonesia ini lebih baik dan maju lagi. Semoga bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan kalian semua. See You!!!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.