https://www.downtownvancouver.net/slot4d/

https://www.tbltechnerds.com/

https://www.ogdenha.org/

https://www.koredubai.org/

https://www.watchgmctv.com/

https://www.medmotion.org/profile/19-rekomendasi-slot-gacor/profile

https://www.medmotion.org/profile/bocoran-10-situs-judi-bola-resmi/profile

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli Pendidikan Di Indonesia
Kategori
Uncategorized

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli Pendidikan Di Indonesia

 Apa Yang di Maksud Pendidikan?

 

Pengertian Pendidikan

Hello guys!, kali ini aku mau kasih tahu ke kalian apa artinya pendidikan loh, bagi kalian yang masih bingung apa itu pendidikan wajib baca pengertian pendidikan itu apa sih? jangan kelewatan ya membaca nya agar kalian paham definisi pendidikan itu seperti apa. Selamat Membaca!!!!

Pengertian pendidikan merupakan suatu hal yang penting dalam kehidupan kita Walaupun ada sebagian orang yang tidak beranggapan seperti itu. Namun hal nya menjadi salah satu faktor utama bagi manusia untuk bisa dapat berkembang dan mempunyai ide untuk menujukkan bahwa kita bisa dapat mengeksplor pendapat kita melalui pendidikan yang kita terima.

Oleh karena itu, kita harus tahu apa definisi pendidikan.

Definisi pendidikan di bagi menjadi beberapa artian yang berbeda beda menurut para ahli atau kamus besar bahasa indonesia, yaitu:

Pengertian Pendidikan Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pendidikan ialah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang ataupun kelompok dalam upaya mendewasakan manusia melalui sebuah pengajaran maupun pelatihan.

Menurut para ahli Pengertian Pendidikan:

Ki Hajar Dewantara adalah Bapak Pendidikan Nasional mengatakan bahwa pengertian pendidikan adalah pedoman bagi tumbuh kembang anak. pendidikan adalah usaha untuk mengarahkan kekuatan fitrah setiap anak agar ia mampu tumbuh dan berkembang sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat yang dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan hidup.

  • Ahmad D. Rimba

bimbingan yang dilakukan secara sadar oleh pendidik kepada peserta didik dengan tujuan membentuk kepribadian yang utama secara jasmani dan rohani.

  • Martinus Jan Langeveld

pendidikan ialah upaya untuk membantu peserta didik agar mereka mampu mengerjakan tugas kehidupan secara mandiri dan bertanggung jawab secara oral dan susila. Dalam hal ini, pendidikan juga diartikan sebagai upaya untuk membangun anak agar lebih dewasa.

  • Carter V. Bagus

pendidikan sebuah upaya untuk mengembangkan kecakapan individu, baik secara sikap maupun prilaku dalam bermasyarakat. Dengan kata lain, pendidikan adalah proses sosial di mana lingkungan yang teroganisir seperti sekolah dan rumah, mampu mempengaruhi seseorang untuk mengembangkan kecakapan sikap dan prilaku dalam diri sendiri dan bermasyarakat.

  • HH Horne

Merupakan alat di mana komunitas sosial mampu melanjutkan keberadaan dalam mempengaruhi diri sendiri dan mempertahankan idealisme.

  • Stella Van Petten Henderson

Pendidikan ialah kombinasi antara pertumbuhan dan pengembangan diri serta warisan sosial.

  • Gunning dan Kohnstamm

pendidikan adalah proses pembentukan dan pembangunan hati nurani, di mana seseorang mampu membentuk serta menentukan diri secara etis berdasarkan hati nurani.

Menurut UU No. 20 tahun 2003

Pendidikan adalah usaha sadar dan ter-rencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif kemudian mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara.

Pengertian Pendidikan

Fungsi Pendidikan:

  • Mempersiapkan anggota masyarakat untuk mencari nafkah.
  • Mengembangkan bakat perseorangan demi kepuasan pribadi dan bagi kepentingan masyarakat.
  • Melestarikan kebudayaan.
  • Menanamkan keterampilan yang perlu bagi partisipasi dalam demokrasi.

Demikian pengertian pendidikan menurut para ahli pendidikan dan kamus besar bahasa indonesia, semoga artikel ini menjadi suatu referensi bagi kalian yang penasaran dengan arti pendidikan.see you!!!

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.