7 Keajaiban Dunia Terbaru 2023

Keajaiban dunia merupakan situs kuno atau bangunan yang bernilai dan dilindungi oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization atau UNESCO yang merupakan badan khusus Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) yang berdiri sejak tahun 1945.

Dahulu negara Indonesia memiliki bangunan atau situs sejarah yang nyata dan termasuk dalam 7 keajaiban dunia yaitu candi Borobudur. Namun setelah update keajaiban dunia, tampaknya salah satu situs di Indonesia tidak lagi menjadi bagian dari keajaiban dunia yang baru.

Betulkah? Lantas, apa saja situs keajaiban dunia yang terupdate di tahun 2023, Berikut akan kami jelaskan terkait beberapa situs keajaiban dunia terbaru tahun 2023. Simak artikel di bawah ini hingga akhir, ya!

Baca Juga : 10 Contoh Poster Pendidikan Yang Kreatif | Karya Anak Bangsa! 

1. Tembok Besar – Tiongkok

Tembok Besar China telah menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia selama bertahun-tahun. Secara tradisional, orang Cina menyebut Tembok Besar “Tembok Besar”. Situs terbangun atas dari bahan semen, batu, bata dan tanah dengan tujuan melindungi kerajaan Cina dari serangan musuh.

Tembok Besar adalah bangun struktur yang tinggi yang pernah di bangun oleh manusia. Lain dengan mitos saat ini, Tembok Besar atau Great Wall of China yang di lihat dari langit tidak bisa jelas dengan mata telanjang.

Tembok Besar China tidak hanya terkenal dengan sejarahnya yang penting, tetapi juga panjangnya yang mencapai 21.196 kilometer dan tinggi 6 meter. Oleh karena itu, Tembok Besar lebih panjang dari tiga sungai paling terkenal di dunia yaitu, Sungai Nil, Amazon, dan Yangtze.

Dahulu Tembok Besar China lebih panjang namun sebagian tembok hilang karena rusak di banyak bagian akibat adanya erosi serta perubahan budaya memperburuk keadaan dari tahun 1966 hingga 1976. Pada masa pemerintahan Mao Zedong, ada ribuan orang yang mengambil batu bata dari Tembok Besar dan menggunakannya untuk membangun rumah.

Baca Juga : 10 Puisi Pendidikan Singkat Dan Penuh Makna

2. Taj Mahal – Agra, India

Taj Mahal telah menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia yang baru. Situs yang di anggap sebagai ikon India sebagai mahakarya arsitektur, tambang marmer yang berasal dari abad ke-17 menarik sekitar delapan juta wisatawan setiap tahunnya. Tujuh Keajaiban Dunia Terbaru adalah hasil voting online dari tahun 2001 hingga 2007. Faktanya, lebih dari 90 juta orang memilih sebagai finalis.

Situs ini dibangun sebagai makam Mumtaz Mahal, istri ketiga Shah Jahan. Mumtaz Mahal dan Shah Jahan menikah saat Shah berusia 15 tahun dan Mumtaz berusia 14 tahun.

Namun, mereka menikah setelah lima tahun. Ini didasarkan pada teori keberuntungan peramal. Sementara Shah menunggu lima tahun untuk menikahi Mumtaz, Shah menikahi wanita lain. Saat menikah dengan Mumtaz, dia menjadi istri pertama. Pernikahan panjang Mumtaz dan Shah melahirkan 14 anak, dan para pengamat pengadilan mencoba menulis tentang pengabdian mereka. Bahkan, Mumtaz juga penasihat terbaiknya di bidang politik.

Baca Juga : 15 Pantun Pendidikan | Pengertian dan Contoh Pantun Pendidikan!

Mumtaz akhirnya meninggal di usia 38 tahun akibat pendarahan setelah melahirkan. Pada titik ini, Shah frustrasi. Awalnya jenazah Mumtaz akan dimakamkan di tempat lain, namun setelah pembangunan Taj Mahal, Mumtaz dimakamkan di sana. Taj Mahal memiliki bangunan dengan proporsi yang sama bahkan secara keseluruhan. Taj Mahal adalah situs yang sangat penting bagi pemerintah negara bagian India. Ada banyak ancaman dari negara lain untuk menyerang Taj Mahal.

3. Petra – Yordania

Petra adalah sebuah kota kuno di Yordania, di dirikan pada abad ke-4 SM dan dinamai kota mawar karena warna batu yang digunakan pada bangunan tersebut.

Kota menawan yang pernah hilang ini memiliki makam dan kuil yang diukir di tebing berwarna coklat kemerahan. Tak hanya itu, para arkeolog dan sejarawan menganggap situs ini berharga dan penting. Ini karena bangunannya terbuat dari batu yang indah dan tata airnya yang segar dan modern. Maka memungkinkan untuk masuk atau tinggal di daerah tersebut karena dikelilingi oleh gurun dan pegunungan terjal.

Kemudian di Petra sendiri juga terdapat berbagai tempat wisata yaitu Kuil Singa Bersayap, Siq dan The Treasury. Bahkan United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization atau UNESCO menjelaskan bahwa Petra merupakan salah satu warisan budaya manusia yang paling berharga dan telah menjadi Situs Warisan Dunia sejak tahun 1985. Kemudian, Petra menjadi salah satu keajaiban dunia pada tahun 2007 lalu.

4. Machu Picchu – Cuzco, Peru

Machu Picchu adalah sumber utama pendapatan turis Peru. Namun karena ribuan turis telah masuk, menyebabkan ada beberapa kerusakan permanen pada kota ini. Situs peninggalan per adaban Inca ini di bangun pada tahun 1450 hingga 1460 dan pada tahun 1983 jadi Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO.

Meskipun politisi lokal ingin meningkatkan jumlah turis dengan menggunakan kereta gantung, United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization  atau UNESCO bersikeras membuat peraturan yang ketat dan mengurangi jumlah pengunjung. Bahkan, perluasan infrastruktur di sekitar Machu Picchu telah menyebabkan sering terjadi tanah longsor.

Machu Picchu adalah situs yang masih menjadi misteri, namun suku Inca masih mempertanyakan signifikansinya hingga saat ini.

Baca Juga : Pengertian Ilmu Komunikasi Banyak Di Gunakan Untuk Kerja!

5. Colosseum – Roma, Italia

Situs ini di kenal sebagai tempat ber tarung gladiator dan ber tempur binatang di Roma kuno. Colosseum di bangun dalam ruang bawah tanah, bagian dalam bangunan bisa di banjiri air untuk men ciptakan pertempuran laut. Hingga saat ini, situs Colosseum menjadi salah satu tempat wisata di kota Roma.

Bangunan kuno ini dikatakan sebagai teater Flavia berusia 2.000 tahun, dan dianggap sebagai amfiteater Romawi yang telah menjadi simbol atau lambang kota Roma. Colosseum bisa di kunjungi 50.000 hingga 80.000 orang dan di gunakan untuk macam-macam acara, mulai dari per tarungan gladiator hingga acara per tunjukan.

6. Chichen Itza – Yucatan, Meksiko

Bangunan ini merupakan rumah dan warisan budaya suku Maya di Meksiko yang berasal dari sekitar tahun 550 hingga 1200 Masehi. Situs yang di beri nama Chichen Itza ini terletak di Semenanjung Yucatan dan terkenal dengan piramidnya dengan pusat di tengah.

Piramida tersebut bernama piramida Kukulcan yang mirip dengan piramida Mesir. Hal tersebut menjadi daya tarik utama bagi wisatawan atau wisatawan. Meskipun Kuil adalah situs yang sangat terkenal, itu tidak berarti bahwa itu adalah satu-satunya struktur piramida yang menarik dan kompleks. Bahkan, itu menjadi salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia Baru pada tahun 2007.

Selain itu, Chichen Itza merupakan pusat keagamaan politik Kerajaan Maya yang juga menunjukkan berbagai model atau gaya dari berbagai daerah. Chichen Itza kedatangan jutaan turis yang pergi ke sana setiap tahun selama musim semi equinox.

7. Patung Christ the Redeemer – Rio de Janeiro, Brazil

Patung Christ the Redeem telah menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia yang baru. Christ the Redeem adalah simbol kristen yang terbuat dari batu lunak atau soapstone dan di ukir secara detail. Dasar penciptaan Christ the Redeemer adalah peringatan Hari Kemerdekaan Brasil.
Ini adalah patung Yesus Kristus di Rio de Janeiro, Brasil, yang ketinggian sekitar 30 meter dan berat 1.145 ton, serta memiliki lengan sepanjang 28 meter.

Demikian informasi terkait 7 keajaiban dunia yang telah kami rangkum, terima kasih telah membaca.

Tinggalkan Balasan