Kategori
Uncategorized

Macam-Macam Jenis Pendidikan

Macam-Macam Jenis Pendidikan

Macam-Macam Jenis Pendidikan

Hallo sobat! Hari ini aku mau kasih tahu kalian macam-macam jenis pendidikan loh, apa saja sih jenis-jenis pendidikan?. Mari kita simak artikel ini dengan seksama ya!

Dari artikel yang sudah aku buat sebelumnya yang memuat tentang terbentuknya sejarah pendidikan, kali ini aku akan mengupas sedikit tentang pendidikan juga yaitu; macam-macam jenis pendidikan.

So, imak artikel nya sampai habis ya!. Selamat membaca!!!!

Jenis pendidikan adalah kelompok pendidikan yang di dasarkan pada perincian tujuan pendidikan. Undang-Undang Pendidikan Nasional No.20 tahun 2003, Pasal 1, Ayat 9-20 “jenis pendidikan adalah kelompok yang didasarkan pada kekhususan tujuan pendidikan suatu satuan pendidikan”.

Baca Juga: 17 negara memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia

Sementara itu, menurut Tirtarahardja dan Sulo (2012, hlm. 264) jalur pendidikan adalah sebagai berikut:

Pendidikan Umum

Yang mengutamakan pengembangan pengetahuan dan keterampilan peserta didik dengan peminatan yang berlangsung pada tahap akhir pendidikan. Berfungsi sebagai acuan umum untuk jenis pendidikan lainnya. Meliputi jenjang SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi.

Pendidikan Kejuruan

pendidikan yang mempersiapkan siswa untuk bekerja di bidang pekerjaan tertentu, seperti teknik, makanan dan mode, perhotelan, seni, administrasi perusahaan dan banyak lagi. Lembaga akademik seperti, STM, SMTK, SMIP, SMIK, SMEA.

Baca Juga: Pengertian pendidikan menurut para ahli

Pendidikan Luar Biasa

Pendidikan luar biasa adalah pendidikan khusus yang diperuntukkan bagi peserta didik yang memiliki kelainan fisik dan/atau mental. Yang termasuk dalam pendidikan luar biasa adalah SDLB (Sekolah Dasar Luar Biasa). Saat ini, di setiap jenjang SMA memiliki kurikulum yang khusus yaitu program untuk anak tunanetra, tunarungu, cacat dan tunagrahita. Bagi guru yang memperoleh penghargaan SGPLB (Sekolah Guru Pendidikan Luar Biasa) sesuai dengan Diploma III.

Pendidikan Kedinasan

Macam-Macam Jenis Pendidikan

Pendidikan khusus yang di selenggarakan untuk meningkatkan keterampilan dalam melaksanakan fungsi kedinasan bagi calon pegawai atau calon pegawai pada suatu departemen atau lembaga pemerintah non departemen. Terdiri dari pendidikan menengah dan pendidikan tinggi. Yang meliputi pendidikan menengah seperti SPK (Sekolah Perawat Kesehatan) dan yang termasuk pendidikan tinggi seperti APDN (Akademi Pemerintah Nasional).

Baca Juga: Terbentuknya sejarah pendidikan di indonesia 

Pendidikan Keagamaan

Merupakan pendidikan khusus yang mempersiapkan peserta didik untuk dapat melaksanakan peranan yang menuntut penguasaan pengetahuan khusus tentang ajaran agama. Pendidikan keagamaan juga terdiri dari beberapa jenjang tingkat pendidikan (dasar, menengah, tinggi).

Contoh pendidikan keagamaan adalah: madrasah ibtidaiyah (pendidikan dasar), tsanawiyah (pendidikan menengah), sementara pendidikan tinggi keagamaan mencakup: PGAN (Pendidikan Guru Agama Negeri), IAIN (Institut Agama Islam Negeri ), dan IHD (Institut Hindu Dharma), serta pendidikan tinggi teologi lainnya.

Jadi, itu lah macam-macam jenis pendidikan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah wawasan kalian terhadap pendidikan di indonesia ini. See you next time!!

Baca Juga: Pendidikan untuk orang dewasa 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.