https://www.downtownvancouver.net/slot4d/

https://www.koredubai.org/

https://www.watchgmctv.com/

10 Hadits Menuntut Ilmu dalam Islam, Arab, Latin, dan Artinya
Kategori
Uncategorized

10 Hadits Menuntut Ilmu dalam Islam, Arab, Latin, dan Artinya

10 Hadits Menuntut Ilmu dalam Islam

Hadits Tentang Keutamaan Menuntut Ilmu

Melalui hadits menuntut ilmu, diketahui bahwa tiap muslim baik pria juga wanita dikenai kewajiban akan hal itu.

Hal ini mengindikasikan, ilmu pada pandangan Islam dipercaya menjadi sebuah kebutuhan buat mengetahui kebenaran & ditempatkan dalam posisi yg tinggi
Melansir buku Agar Menuntut Ilmu Jadi Mudah karya Abdul Hamid M Djamil, Lc, ilmu berasal dari bahasa Arab, العِلْـمُ yang artinya mengetahui. Kata العِلْـمُ merupakan masdar dari kata عَلِمَ – يَعْلَمُ . Orang yang berilmu disebut alimun (mengetahui).

Oleh karena itu, kata ‘alimun merupakan sebutan bagi orang yang sangat cerdas. Seorang ahli tata bahasa Arab, Imam Sibawaihi, pernah mengatakan bahwa seseorang tidak disebut ulama kecuali dia benar-benar saleh

Baca Juga: Terbentuknya Sejarah Pendidikan di Indonesia

10 Hadits Menuntut Ilmu dalam Islam, Arab, Latin, dan Artinya

1. تَعَلَّمُوْاوَعَلِّمُوْاوَتَوَاضَعُوْالِمُعَلِّمِيْكُمْ وَلَيَلَوْا لِمُعَلِّمِيْكُمْ ( رَواهُ الطَّبْرَانِيْ)

Artinya: “Belajarlah kamu semua, dan mengajarlah kamu semua, dan hormatilah guru-gurumu, serta berlaku baiklah terhadap orang yang mengajarkanmu.” (HR Thabrani).

2. وَمَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

Artinya: “Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR Muslim, no. 2699).

Baca Juga:  Pendidikan Orang Dewasa

3. مَنْخَرَجَفِىطَلَبُالْعِلْمِفَهُوَفِىسَبِيْلِاللهِحَتَّىيَرْجِعَ

Artinya: “Barangsiapa yang keluar untuk menuntut ilmu, maka ia berada di jalan Allah hingga ia pulang,” (HR Tirmidzi).

4. تَعَلّمُواالعِلْمَ وَتَعَلّمُوْا لِلْعِلْمِ السّكِيْنَةَ وَالْوَقَا رَ وَتَوَاضَعُوْا لِمَنْ تَتَعَلّمُوانَ مِنْهُ

Artinya: “Belajarlah kalian ilmu untuk ketentraman dan ketenangan serta rendah hatilah pada orang yang kamu belajar darinya.” (HR Thabrani).

5. إِذَا مَاتَ الإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلاَّ مِنْ ثَلاَثَةٍ إِلاَّ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Artinya: “Jika seorang manusia mati, maka terputuslah darinya semua amalnya kecuali dari tiga hal; dari sedekah jariyah atau ilmu yang di ambil manfaatnya atau anak shalih yang mendoakannya.” (HR Muslim no. 1631).

Baca Juga:  Apa yang di maksud pendidikan

6. طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَوَاضِعُ الْعِلْمِ عِنْدَ غَيْرِ أَهْلِهِ كَمُقَلِّدِ الْخَنَازِيرِ الْجَوْهَرَ وَاللُّؤْلُؤَ وَالذَّهَبَ

Artinya: “Mencari ilmu adalah kewajiban setiap muslim, dan siapa yang menanamkan ilmu kepada yang tidak layak seperti yang meletakkan kalung permata, mutiara, dan emas di sekitar leher hewan.” (HR Ibnu Majah).

7. العلم قبل القول و العمل

Artinya: “Berilmulah sebelum kamu berbicara, beramal, atau beraktivitas.” (HR Bukhari).

8. مَنْ أَرَادَ الدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِاْلعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَ الآخِرَهَ فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ باِلعِلْمِ

Artinya: “Barangsiapa yang hendak menginginkan dunia, maka hendaklah ia menguasai ilmu. Barangsiapa menginginkan akhirat hendaklah ia menguasai ilmu, dan barangsiapa yang menginginkan keduanya (dunia dan akhirat) hendaklah ia menguasai ilmu,” (HR Ahmad).

Baca Juga: 5 Bahasa Aneh di Dunia 

9. فضل العلم خير من فضل العبادة وخير دينكم الورع

Artinya: “Keutamaan ilmu itu lebih baik dari keutamaan ibadah, dan sebaik-baik keberagaman kalian adalah sikap wara’,” (HR Turmidzi).

10. مَنْ تَعَلَّمَ عِلْمًا مِمَّا يُبْتَغَى بِهِ وَجْهُ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ لاَ يَتَعَلَّمُهُ إِلاَّ لِيُصِيبَ بِهِ عَرَضًا مِنَ الدُّنْيَا لَمْ يَجِدْ عَرْفَ الْجَنَّةِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Artinya: “Barangsiapa yang mempelajari ilmu yang dengannya dapat memperoleh keridhoan Allah SWT, (tetapi) ia tidak mempelajarinya kecuali untuk mendapatkan kesenangan duniawi, maka ia tidak akan mendapatkan harumnya surga di hari kiamat nanti,” (HR Abu Daud).

Baca Juga: 15 Alat Musik Tradisional Indonesia

Berdasarkan hadits tentang menuntut ilmu di atas, Syaikh Al-Zarjuni dalam kitabnya Ta’limul Muta’allim menekankan bahwa niat mencari ilmu harus di landasi dengan keikhlasan dan hal-hal konyol lainnya. Namun, itu hanya di lakukan untuk mencari keridhaan Allah SWT dan akhirat.

Semoga setelah membaca artikel ini menambah wawasan ilmu kalian ya. eitssss, Aku mau kasih tahu juga loh guys kalau mendengarkan musik sambil belajar dapat meningkatkan mood dan di kaitkan dengan peningkatan kemampuan fungsi kognitif otak, terutama memori loh berikut lirik lagu joji “Glimpse Of Us” yang sedang viral. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.